Selasa, 16 Mei 2017

JERAWAT OH... JERAWAT (Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami)

(Part I)
Oleh : Ean Lullaby

Hai ... hai... ladies ketemu lagi di Ean Lullaby’s blog :D hehhe... kali ini Lullaby akan membahas tentang masalah jerawat. Yah! Jerawat! Kebanyakan jerawat dialami oleh para wanita, yang dimulai dari masa remaja atau pubertas hingga masa dewasa kira-kira umur 24 tahun. Tips saja kalau anda masih mengalami jerawat di umur 24 tahun atau lebih sebaiknya anda perlu berkonsultasi ke dokter kecantikan :)
Nah kalo pake kosmetik yang buat berjerawat kan susah ye, kadang kitanya suka khawatir nih cocok nggak nantinya, bisa ilang gak ato malah nih jerawat malah hidup makmur di muka kita... sebenarnya banyak banget obat alami di sekitar kita bisa buat obat jerawat ini dan tentunya aman. Mau tau apa aja? Yuk check this out! :D

1.      Jeruk Nipis
Cara menggunakannya yakni dengan mengoleskan jeruk nipis belah pada wajah yang sudah dibersihkan. Ingat oleskan jangan gosokkan! Setelah didiamkan hingga air jeruk mengering kemudian bilas dengan air hangat kemudian bilas lagi dengan air dingin. Gunakan sebanyak 2x seminggu. Namun banyak orang yang mengatakan bahwa jeruk nipis sebenarnya juga kurang bagus dipakai, karena kadar asamnya yang tinggi. Nah.. aku pernah nih makai tips dengan jeruk nipis ini, memang benar kadar asamnya sangat tinggi, sehingga pas aku pakai pun rasanya agak perih gitu... -_- jadi hati-hati ya.
2.      Bunga Mawar
Ambil 5 kuntum bunga mawar, lalu dihaluskan, berilah air jeruk nipis, oleskan ke wajah yang berjerawat, diamkan beberapa saat lalu bilas. Praktis kan J
3.      Temulawak
Khusus untuk temulawak ini, digunakan untuk pengobatan jerawat dari dalam, jadi dibuat jamu gitu. Caranya adalah siapkan temulawak 10 gram, asam (yang sudah lama) 10 gram, kencur 10 gr di parut, jinten, gula aren. Tumbuklah semua bahan-bahan tadi, setelah halus seduhlah dengan air panas, kemudian di minum.
4.      Kencur
Kalau temulawak untuk pengobatan dalam, maka kencur untuk pengobatan luar. kencur di parut, peras, endapkan air perasan tadi. Sebelum memakai endapan tadi, cucilah wajah dengan air hangat, oleskan air (bukan endapannya) tadi ke wajah menjelang tidur. Endapan kencur tadi bisa digunakan untuk masker wajah yang dicampur dengan rumput teki, teri adas, lembutkan bahan-bahan tadi kemudian berilah air hangat. Pakailah untuk masker wajah.
5.      Bawang Putih
Cara pertama dengan menumbuk dua atau lebih bawang putih hingga lumat lalu dioleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Lalu diamkan hingga 10 menit lalu basuh.
Cara kedua yaitu dengan memakan satu atau lebih bawang putih setiap hari.
Banyak yang mengungkapkan kedua cara ini cukup efektif, namun bagi anda yang tidak suka dengan bau bawang putih mungkin lebih baik menggunakan cara yang lain.
6.      Putih Telur
Putih telur bermanfaat mengurangi minyak di wajah yang seringkali menyebabkan timbulnya jerawat. Caranya pisahkan kuning telur lalu ambil putih telurnya saja. Kocok sebentar lalu oleskan ke wajah dan diamkan hingga 15 menit. Saya sering menggunakan tips ini, selesai menggunakan masker telur kulit muka rasanya halus dan kadar minyak berlebih saya jadi berkurang :p xixixi
7.      Pasta Gigi
Ingat, jangan menggunakan pasta gigi yang berupa gel tetapi menggunakan pasta gigi yang berupa pasta. Caranya oleskan pasta gigi ke wajah anda yang berjerawat dan bagian tubuh yang lainnya yang terkena jerawat dilakukan sebelum tidur. Biarkan semalaman hingga pagi kemudian basuh dengan air bersih.
8.      Lidah Buaya
Ambil satu lidah buaya, potong menjadi beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, Lalu oleskan di bagian yang timbul jerawat,dan lakukan berulang-ulang setiap pagi dan sore hari. Jika anda rajin melakukannya, jerawat akan cepat mengering dan mengelupas selama 3 hari.
9.      Tomat
Buah yang satu ini selain bermanfaat untuk kesehatan mata juga efektif mengobati jerawat. Caranya, iris tomat menjadi dua bagian lalu oleskan ke seluruh wajah yang berjerawat dan biarkan hingga 15 menit – 1 jam kemudian basuh. Sensasi ketika menggunakan masker tomat adalah kulit serasa sejuk, dingin, enaakk :D heheh
10.  Lemon/Jeruk Nipis + Air Mawar
Buah lemon/Jeruk nipis mengandung citric acid yang banyak, citric acid ini bermanfaat untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan jerawat. Caranya yaitu dengan menggabungkan jus/perasan lemon dengan air mawar kemudian oleskan di wajah selama 10 menit setelah itu basuh dengan air hangat. Lakukan cara ini selama 15 hari dengan rutin, insya allah jerawat akan berkurang.
11.  Pepaya
Ternyata buah pepaya pun bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Nah kalo kalian menggunakan tips dengan pepaya ini, maka kalian akan dapatkan keuntungan lain, yakni pepaya juga berkhasiat mencerahkan kulit dan mengobati komedo. Caranya, hancurkan papaya matang tambahkan 1 sendok madu, pakai sebagai masker. Biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

PANTANGAN saat kita jerawat yaitu kita DILARANG KERAS menyentuh area sensitif jerawat. Menyentuh saja dilarang apalagi memencet, Haram ya ladies. Hal ini karena menyentuh kulit berjerawat menjadikan kuman-kuman semakin menempel di wajah kita (apalagi saat kita menyentuhnya tak pake cuci tangan dulu) dan memencet tidak akan membuat jerawat hilang malah akan menjadikan jerawat membekas di wajah kita dan yang paling parah buat bopeng di wajah kita. Nah kalo udah membekas malah sulit lagi ngilanginnya dan kalo udah bopeng gak bisa kembali lagi. Pantangan ini sering aku langgar nih :’( abiisss gak tahann !!

Nah... ladies banyak kan bahan-bahan yang dapat kita gunakan untuk obat jerawat yang sebenarnya mudah kita dapatkan, murah, gampang, dan praktis lagi. Asal kita rajin aja ngrawat diri kita. Ingat ya.. cantik itu gak harus mahal, ladies. Aku udah pernah coba semua, hehe meskipun nggak langsung ada perubahan tapi lumayan buat nambah perawatan wajah secara alami. Kalau mau ada perubahan harus rutin yaaa.....
Ketemu lagi ya guys, di post selanjutnya. Setelah ini kita masih akan membahas tentang jerawat. Bagaimana mencegah jerawat agak tak balik lagi.. thanks for read this and see you on next post. bye ! ^_^

stay beauty, be your self and be gorgeous :)
"Semangat melawan jerawat"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar