Rabu, 17 Mei 2017

JERAWAT OH... JERAWAT PART II (Mencegah Jerawat Agar Tidak Kembali)

Oleh : Ean Lullaby

Hai...hai... masih di Ean Lullaby’s blog dengan tema yang masih sama, yak Jerawat Oh... Jerawat! Kalau terakhir post saya tentang mengobati jerawat dengan bahan-bahan alami maka kali ini tips-tips mencegah jerawat agar tak kembali. :) Langsung saja ya, capcuss...
1.      Rutin Bersihkan Wajah
Ini adalah hal yang utama sekaligus yang paling mendasar kalau kita tak ingin jerawatan. Apalagi untuk kulit yang berminyak, maka harus peduli benar pada wajahnya. Bersihkan wajahmu dengan facial foam dengan tipe kulit kita minimal 2 kali sehari, oh ya sebelum tidur juga. Mungkin untuk hal ini para ladies sudah melakukannya. Sebenarnya kalau kita rajin sholat, maka kulit kita pun akan bersih. Secara kita wudhu 5 kali sehari. :) hehe...
2.      Jaga Pola Makan
Nah, ini penting banget nih. Banyak orang menyepelekan hal ini. Padahal makanan kita lah yang menentukan kesehatan kita. Hindari atau minimalkan memakan makanan yang mengandung gula, coklat, kacang dan juga makanan pedas, berminyak serta makanan berlemak. Kenapa? Hal ini karena sejenis makanan tersebut mengganggu peredaran darah pada tubuh, jadi butuh waktu detoxitasi tidak bisa berjalan dengan lancar.
Sebaiknya kita makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang baik buat tubuh dan kulit kita, karena banyak mengandung antioksidan. Misalnya Daun kemangi dan daun peterseli (parsley) dipercaya berguna mengobati jerawat dari dalam tubuh. Buah apel yang mengandung antioksidan. Penelitian terbaru menemukan antioksidan terbanyak terdapat di dalam kulit buah manggis yang dapat menangkal radikal bebas. Kita bisa membeli ektrak kulit buah manggis di apotek jika memang mau untuk kulit kita.
3.      Teratur Berolahraga
Dengan berolahraga maka panas tubuh akan membuka pori-pori wajah dan mengeluarkan kotorannya. Olahraga pun bisa melancarkan peredaran darah dalam tubuh dan menjadikan proses detoxitasi.
4.      Air Putih
Sudah menjadi rahasia umum kalau air putih adalah rahasia yang menjadikan kulit sehat dan lembab. Namun banyak orang yang enggan minum air putih yang cukup, termasuk saya :p hehehe. Paling tidak kita diharuskan minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Air putih akan membantu menetralisir dan membuang racun-racun dalam tubuh. Tau gak, kenapa kulit baby begitu kenyal dan tak ada kerutan? Itu karena kadar airnya cukup. Sedangkan semakin bertambah usia maka kadar air kita berkurang, oleh karena itu timbul masalah kulit dari yang kering hingga kerutan halus. Oleh karena itu banyak minum air putih yuk! :)
5.      Lingkungan
Yups, ladies! Lingkungan pun juga berperan pada kulit kita. Kalau kita sering terkena polusi dan berada di luar ruangan sehingga terkena sinar matahari langsung maka otomatis kulit kita gak sehat dan kering. Makanya perhatikan juga lingkungan kita, ladies. Terutama untuk kita yang sering keluar rumah dan kerjanya di lapangan, harus ekstra perhatian. Sebaiknya kalau kita keluar pakai pelindung diri, seperti masker dan sunblock.
6.      Hindari Stress
Ternyata stress menjadi salah satu penyebab kulit berjerawat dan rambut rontok salah satunya. Karena saat kita stress maka peredaran darah kita tidak lancar maka akibatnya timbul deh jerawat-jerawat nakal. Hehhe...
7.      Rambut
Loh emang apa hubungannya rambut sama jerawat? Emang ada? Apa sih? Yup pasti dari kalian banyak yang bertanya-tanya apa hubungannya rambut sama jerawat. Untuk poin ini khusus untuk jerawat yang di wajah. Jadi ternyata kebersihan rambut juga perlu diperhatikan, apalagi untuk kalian, para ladies yang punya rambut poni. Rambut, menjadi yang paling dekat dengan wajah kita. Jadi kalau rambut kotor dan sering mengenai wajah kita, maka kuman pun akan menempel dan akan menyebabkan jerawat juga ladies. Kalo untuk el yang nggak punya poni, biasanya rambut belakang yang nempel di pipi pas tidur lah yang buat jerawatan, maybe rambut kotor? :( nyebelin banget pas udah pake cream malem masih timbul jeriwi gegara rambut.
8.      Tempat tidur
Nah loh apa lagi ini? Apa hubungannya? Iya ada lah! Untuk kita-kita yang mukanya riwilnya minta ampun ini harus ekstra bersih. Jadi perhatiikan juga tempat kalian merajut mimpi itu, bersih nggak? Apalagi bantalnya. Sarung bantal harus sering diganti suoaya nggak menyebabkan kuman nempel dipipi. Ini kejadian loh sama aku kemaren-kemaren. Karena perasaan, el udah rutin ngebersihin muka, rambut juga udah bersih? Kenapa masih jerawatan??? *jambak rambut* setelah el pikir-pikir mungkin karena sarung bantal el yang waktunya ganti padahal masih bersih loh (kelihatannya sih) setelah el ganti sarung bantal el, hhhmmm nggak muncul jerawat lagi. Sekalang lagi pokus buat ngempesin dan ngilangin jerawatnya. Hiks hiks hiks :(

Itu tadi ladies beberapa tips agar kita terhindar dari jerawat. Sebaiknya kita rutin menjaga kebersihan dan kecantikan tubuh kita ya guys (gak cuma ladies aja, tapi buat cowok juga). Atur pola hidup sehat, karena sehat dari dalam akan memancarkan kecantikan yang alami.
Sudah dulu bahasan kita mengenai jerawat, semoga bermanfaat bagi semua. Maaf jika ada kesalahan dan terima kasih sudah membaca artikel saya. Ketemu lagi di postingan selanjutnya, postingan selanjutanya mengenai Hal-Hal Kecil Penyebab Jerawat berdasarkan pengalaman pribadi sendiri. Stay tune ya! :)
stay beauty, be your self and be gorgeous :)
"Semangat melawan jerawat"

1 komentar:

  1. Sebetulnya, salah satu cara mencegah jerawat kembali adalah telaten mengelupas sel kulit mati. Sebab, jerawat umumnya timbul karena kotoran yang menghinggapi kelenjar minyak, tetapi kotoran ini tidak bisa dikeluarkan sebab tersumbat oleh sel kulit mati.
    Untuk mengelupas sel kulit mati ini, bisa menggunakan eksfoliating toner sebanyak seminggu sekali.

    BalasHapus