Selasa, 28 Maret 2017

PENGALAMAN: SYARAT MEMINTA SURAT TIDAK PERNAH DIJATUHI PIDANA DARI PENGADILAN NEGERI (SIDOARJO)

Assalamu’alaikum
 Hai sobat blogger..
Kayaknya akhir-akhir ini sering banget ya post tentang pengalaman-pengalaman ngurus dokumen gitu, hehe. Soalnya akhir-akhir ini saya lagi sibuk ngurus dokumen emang, daripada nulisnya kapan-kapan ntar keburu lupa. Pengalaman yang akan saya share kali ini adalah meminta surat tidak pernah dijatuhi pidana dari pengadilan negeri, disini saya meminta ke wilayah Sidoarjo karena saya penduduk Sidoarjo tercinta. Hehe.


        Sebenernya saya udah ke pengadilan negeri, pada hari selasa lalu (22/3/2017), sehabis dari DisPendukCaPil (Dinas Kependudukan & Catatan Sipil). Tapi karena ada beberapa persyaratan yang belum saya penuhi akhirnya saya balik lagi :( huhu padahal rumah saya jauh, hal ini karena saya nggak tau persyaratan apa saja yang harus dilengkapi, padahal semalemnya saya sudah browsing sana sini tetep aja nggak nemu. Dari pengalaman itu saya pengen berbagi cerita dan persyaratan apa aja yang harus dilengkapi kalo kalian mau meminta surat tidak pernah dijatuhi pidana dari pengadilan negeri khususnya daerah Sidoarjo. Biasanya persyaratan kayak ini hampir sama di lain wilayah juga. Biar kalian nggak bolak-balik kayak saya, kan sayang waktu, tenaga, dan bensinnya. Hehe.
Alamat dari Pengadilan Negeri Sidoarjo berada di Jl. Jaksa Agung Suprapto No.10, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212, berada pas di depan Perpustakaan dan Badan Arsip Sidoarjo. Pas pertama kali masuk daerah gangnya banyak sekali polisi brooo, rada’ keder pas masuk juga apalagi pas masuk gedungnya juga polisi bertebaran di mana-mana. Saya kan tipe orang yang kalau ketemu polisi dag dig dug nggak jelas gitu. Pas ngeliat gedungnya yang ala-ala pengadilan gitu (emang kan?), berasa aura apa gitu.. huft :x aura hukum, aura orang sibuk, aura pengadilan. Hehe. Dikarenakan hari pertama saya nggak bawa persyaratan, akhirnya saya minta sama mbak-mbak cantik yang di depan sendiri (sejenis recepcionist) buat minta form pengisian data buat surat pidana, karena saya nggak bawa bulpen buat catet syarat-syaratnya. 
Form pengisian data untuk surat tidak pernah dijatuhi pidana bisa kalian lihat di bawah ya.. sekalian di situ juga ada syaratnya. Akan saya tulis ulang syaratnya biar jelas.. :)


Syarat Meminta Surat Tidak Pernah Dijatuhi Pidana :  
1. Fotocopy KTP Legalisir (1 lembar) 
2. Surat Keterangan domisili dari Kepala Desa/Kelurahan (1 lembar) 
3. Fotocopy SKCK Legalisir (1 lembar) 
4. KK/Kartu Keluarga Legalisir (1 lembar) 
5. Fotocopy Berwarna 4x6 (2 lembar) 
6. Materai 6000 (1 lembar) 


Selesai dari pengadilan negeri itu saya langsung mengurus ke kecamatan untuk legalisir KTP dan ke kelurahan untuk meminta surat domisili supaya besoknya tinggal berangkat aja. Selebihnya saya sudah punya semuanya. Alhamdulillah... 
Sebenernya KTP/KK juga bisa legalisiran dari DisPendukCaPil kalo lebih dekat dari tempat pengadilan negeri, kalian bisa baca pengalaman saya dan apa saja syaratnya disini.

Esok harinya, tgl 23 sekitar jam 9 saya berangkat ke Pengadilan Negeri Sidoarjo. Semua persyaratan sudah saya siapkan dan saya clip dalam satu map, disana hanya tinggal mengisi form data saja, setelah itu kita akan disuruh mengantarkan ke bagian ‘pengajuan surat tidak pernah dijatuhi pidana’ di bagian dalam pengadilan. Saya baru tahu, kalau masuk kita disuruh menyerahkan ktp dan mendapat tanda pengenal yang menyatakan kita adalah ‘tamu’. 
Akhirnya berjalanlah saya ke dalam gedung untuk menyerahkan berkas saya, waktu itu yang melayani bapak-bapak. Kita akan dikasih surat untuk mengambil surat yang kita ajukan. Sebenernya masa kerja dari surat yang saya ajukan itu 3 hari kerja, tapi kata bapaknya akhir-akhir ini lagi ramai akhirnya masa kerjanya jadi 7 hari. Ya Ampyuunn lama banget :( nambah 4 hari. Jadinya surat aku baru bisa di ambil tanggal 30 Maret. 
Sekarang saya masih menunggu tanggal 30 untuk mengambil suratnya, nanti kalau sudah saya ambil akan saya uplod hasilnya seperti apa :). Nah.. itu tadi pengalaman saya mengurus surat tidak pernah dijatuhi pidana ke Pengadilan Negeri Sidoarjo. Kalau ada yang ditanyakan, kalian komentar aja atau send your question di hiidayatulloh@gmail.com . sekian dan bye~~

UPDATE !!! 
Jadi akhirnya tanggal 30 itu saya  ambil suratnya, saya langsung ke ruangan yang ditunjuk untuk ngambil suratnya, sambil tunggu sebentar sambil menunggu nama kita dipanggil. Tidak ada biaya dalam pembuatannya. Namun alangkah baiknya ketika kita sudah ngambil maka kita langung photocopy di sebelah kantornya beberapa lembar untuk dimintakan legalisir, supaya nanti kalo diperlukan tidak perlu repot-repot ke kantor pengadilan negeri. Saat itu saya minta legalisir 5 lembar. Selesai dah~~ tinggal pulang :D.

Semoga bermanfaat dan membantu yaa ^_^
@ean_lullaby

10 komentar:

  1. Mbak saya juga sidoarjo.
    Makasih infonya. Ada yg saya tanyakan.
    1. Skcknya minta di polsek apa polres.
    2. Terus klo ga legalisir apa ga bisa?
    3.Kena biaya ga?
    Makasih.

    BalasHapus
  2. Mbak saya juga sidoarjo.
    Makasih infonya. Ada yg saya tanyakan.
    1. Skcknya minta di polsek apa polres.
    2. Terus klo ga legalisir apa ga bisa?
    3.Kena biaya ga?
    Makasih.

    BalasHapus
  3. Waalaikumsalam Dewi :) Maaf ya baru bals

    ya, SKCK legalisir, pas saya ngurus itu saya cuma legalisir dari polsek saja. (sebenarnya ini tergantung dari kita ngurus SKCK dimana kalo di polsek maka tentunya legalisir keluaran polsek, begitupun dengan polres). Tapi misalya ngurus skck keluaran polsek jg bisa dan gpp kok.
    aku kurang tau ya Dewi untuk yg tidak dilegalisir, tapi jaga" aja dilegalisir.

    Surat Keterangan bebas pidana ini sebenarnya nggak ada biaya, tapi kalo kita mau minta legalisirnya maka dikenai biaya loh, seingatku satu lembar 5.000 :D

    hehe itu sih jawabanku~~ semoga membantu ya~ dan lancar :)

    BalasHapus
  4. Form nya itu sudah disediakan pihak pengadilannya atau kita membuat sendiri?

    BalasHapus
  5. Form nya itu sudah disediakan pihak pengadilannya atau kita membuat sendiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai anggie quydhee, Form-nya itu sudah disediakan dari pihak pengadilan yaaa... :)

      Hapus
  6. Dari desa minta surat keterangan domisili atau surat pengantar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti penjelasan syarat no.2 di atas, surat domisili dari desa ya..

      Hapus
  7. Halloo mbak.. mau ikutan tanya, masa berlaku surat ini brapa bulan ya mbak? Total biaya yg di kluarkan brapa mbak untuk surat ini? Mksih sblm nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Ajeng Rahma , kalo tidak salah masa berlakunya 6 bulan, dan tidak ada biaya saat pembuatannya tapi pas yang minta legalisir ada biayanya kalo nggak salah perlembar 5.000. hhmm udah terlihat klo 4 berapa :D

      semoga membantu ya~~

      Hapus