Selasa, 09 Januari 2018

Resolusi Blog Tahun 2018




Seminggu yang lalu saya membuat resolusi untuk diri saya yang juga saya posting dalam blog disini. Kali ini saya akan menulis resolusi khusus untuk blog saya, karena saya menyadari bahwa ternyata ngeblog butuh proses dan perjuangan serta waktu. Blog adalah tentang keistiqomahan untuk terus menulis walau lagi males dan nggak punya kuota internet. Hihi. Satu post saja diblog harus melewati banyak proses, mulai dari materi yang akan diposting, penulisan bahan, pemotretan foto pendukung, serta pengeditan dan itu semua membutuhkan ‘sedikit’ waktu luang. Mungkin karena hal itulah yang membuat saya masih belum bisa istiqomah untuk nulis secara rutin, secara saya juga kalau pagi kerja dan sorenya ngajar belum lagi kalau malam ada permintaan untuk privat anak tetangga. Huhu

       Memang belum lama saya menekuni dunia perblogan, baru sekitar 1-2 tahunan ini, itupun karena salah satu postingan saya mendapat banyak komenan dari netizen, disitu saya merasa tersanjung dan jadi semangat untuk ngeblog. Sebenernya sudah lama saya kenal blog-blog’an dari sejak SMA kelas 1-2 kalau nggak salah, kalau nggak salah juga ini adalah blog ketiga saya setelah blog-blog sebelumnya lupa kata sandi dan hanya berisi curhatan tentang mantan pacar *tutup muka – malu*. Di blog ini saya nggak akan lagi mengulang yang seperti itu, hehe saya akan lebih fokus menulis tentang ide, bayangan, review dan pengalaman saya yang mungkin bisa bermanfaat bagi kalian semua, teman blog sayah *ketcup manis*.
Namun lagi-lagi hal tersebut terkendala oleh waktu yang terasa kurang untuk nulis dan nulis sehingga masih belum bisa istiqomah, tahun kemarin saya banyak tulisan yang belum diposting dan belum ditulis sehingga menjadi PR bagi saya sendiri untuk menyelesaikannya. Berhubung masih dalam tahun baru *hehe telat sebenernya* saya akan membuat resolusi untuk blog saya agar saya bisa terus semangat nulis dan ngeblog. Apa aja itu, mari saya list dibawah :

1.  RUTIN NULIS  
Yups, ini adalah proses yang nggak bisa ditinggalkan, mana mungkin kita bisa posting tanpa nulis dahulu, namun meskipun begitu nulis juga kadang menemui kendalanya tersendiri, kadang kendala terbesar saya adalah karena kurangnya waktu sehingga ketika ada waktu untuk nulis, badan dan pikiran saya sudah lelah dan akhirnya saya gunakan untuk istirahat. Belum lagi kalau harus mencari kata-kata yang pas dan menarik lalu mengeditnya. Saya pengen sekali menjadi seorang penulis yang handal, minimal untuk diri saya sendiri sehingga ketika nulis bisa langsung dipost tanpa banyak editan :D

2. RUTIN NGEPOSTING
Setelah menulis hal yang dilakukan tentulah harus memposting tulisan kita agar bisa dibaca semua orang, namun terkadang saya malas untuk memposting, malasnya adalah karena sayang kalau harus diposting, pengennya dibuat sendiri nanti-nanti aja, aneh kan? :/


3. MENCARI TOPIK YANG MENARIK
Yups, terkadang sebagus apapun tulisan kita kalo topik yang kita tulis tidak menarik tentulah tidak akan dibaca oleh netizen. Kita bisa saja menulis topik menarik yang lagi viral di dunia maya, atau menulis konten yang paling banyak dicari oleh netizen, misalnya review suatu produk, make up, atau life style. 

4. MENINGKATKAN RATING PEMBACA
Banyak atau tidaknya rating tulisan memang tergantung dari banyak faktor, namun meskipun begitu kita harus selalu berusaha untuk meningkatkan rating tulisan kita, salah satu caranya seperti pada no.3 di atas yaitu dengan menulis topik yang menarik sehingga banyak dicari oleh netizen atau pembaca blog dan tulisan kita dibaca oleh mereka.

5. MENDESIGN BLOG
Ketika saya berkunjung dan membaca blog-blog dari kaka blogger saya selalu mengamati design ‘rumah’ blog mereka, kebanyakan design rumah mereka bagus-bagus namun simpel. Saya ingin sekali merenovasi rumah saya seperti mereka, meskipun harus banyak belajar lagi :’) ini menjadi salah satu target resolusi saya, harus banyak belajar design blog.

6.  MENJADI BLOGGER YANG SEMAKIN DIKENAL
Nggak muluk-muluk minta dikenal sampai seperti ka Arum minimal dikenal menjadi blogger di dunia maya khususnya dari Surabaya saja sudah syukur, dan blog saya dikenal dan dikunjungi banyak temen-temen blogger 😊

7. SERING 'MELUANGKAN WAKTU' BACA & KOMEN DI BLOG TEMAN-TEMAN
Saya itu seneng banget baca blog sebenarnya, karena dari tulisan blog nggak Cuma ada tujuan yang akan disampaikan, melainkan setiap postingan itu ada cerita dan effort tersendiri, tapi lagi-lagi waktu yang membatasi itu semua, sekalinya nemu artikel yang bagus eh aksesnya dari komputer dan saya itu nggak suka dan nggak betah kalo harus baca lama-lama di depan komputer. Nyamannya saya baca lewat smartphone, tapi lagi-lagi smartphone saya lemotnya naudzubillah.. maklum hp lama :(. Nanti kalo sudah beli hp baru, saya akan sering-sering deh berkunjung ke blog teman-teman.

Saya menyadari blog saya masih kalah jauh dari temen-temen blog yang lain, tulisan-tulisan saya pun masih kurang menarik, gaya bahasa saya itu-itu saja dan penggunaan kata-katanya kadang kurang tepat namun saya juga ingin menjadi teman-teman blog yang lain bisa semangat ngeblog dan memberikan tulisan yang bermanfaat dan karyanya dibaca banyak orang bahkan bisa mendapat penghasilan dari blog.
Bagi saya blog adalah sesuatu yang berbeda, tempat menyalurkan ide dan bayangan yang ada di kepala menjadikannya menjadi sebuat tulisan bahkan karya. Di blog pula kita kenal dengan penulis blog yang lain, meskipun tanpa tau wajah dan foto-fotonya, kita suka dan mengagumi mereka lewat tulisan dan blognya. Blogger sekarang pun makin banyak, tema penulisan blog pun makin beragam, dan even-event tentang blog pun kian ramai. Bahkan ada yang bisa menghasilkan penghasilan lewat blog. Oleh karenanya saya ingin mendalami blog walau hanya dengan menyisakan sedikit waktu luang saya dan tak harus berpenghasilan dari blog. Semoga bisa :) 
Nah, itu dia resolusi blog saya di tahun ini, semoga blog dan saya sebagai blogger menjadi aktif dan lebih baik lagi dari tahun kemarin. Aamiin 😊

Baca Juga : Resolusi Tahun 2018

Salam blog dan blogger semua
@Ean_Lullaby

1 komentar:

  1. rutin menulis dan resolusi menarik memang penting ya, semoga saja semua list di atas bisa di lakukan di tahun ini,, amiin

    BalasHapus