Kamis, 15 Maret 2018

Skincare vs Makeup


Hai teman-teman blogger :)
     Kali ini saya mau nulis tentang Skincare dan Make Up. Ide penulisan tema ini muncul setelah saya bimbang untuk memilih untuk lebih sering belanja yang mana? Lipstick adalah salah satu racun make up yang paling menggoda dan paling banyak hitsnya untuk dibeli, tapi terkadang bibir saya nggak bisa make lipstick terus menerus. Hal itu juga berlaku di wajah saya, secara pribadi saya kurang suka pake make up tebal setiap hari. Mau ngumpulin juga males, karena nggak setiap hari aku makenya, palingan juga pas kondangan. 
     Tapi kalau masalah skincare ternyata tanpa sadar saya suka koleksi skincare apalagi jika skincare itu jenisnya serum atau yang ada embel-embelnya light/whitening pasti rasanya pengen beli aja. :D 

sejak itulah saya sadar kalo aku lebih suka dan akhirnya milih buat pilih beli skincare aja dan tercetus ide buat nulis tema tentang ini :) sekalian saya mau ngasih perbedaan diantara keduanya biar postingan ini lebih bermanfaat. 

SKINCARE
     Pengertian mudahnya adalah sebuah perawatan kulit, tapi lebih jelasnya skincare adalah sebuah perawatan kulit yang bertujuan untuk merawat dan mengobati kulit agar lebih terawat, dan sehat. Skincare lebih ke merawat kulit yang hasilnya tidak instan, bisa dibilang skincare adalah sebuah investasi untuk kulit kita biasanya kalau kita rutin merawat kulit hasilnya akan tampak ketika kita telah sampai pada umur 30+ lebih-lebih pada umur 35+ karena pada saat itu kulit kita akan mengalami penuaan dini dengan timbulnya kerutan di wajah yang diakibatkan oleh kekurangan collagen alami kulit kita. Sebelum mencapai pada umur itu kita akan mendapati kulit yang bersih, sehat, cerah, segar dan tidak kusam daripada yang tidak merawat kulit.
     Layaknya make up yang memiliki banyak pilihan, skincare pun memiliki banyak varian yang beragam di masa sekarang malah menurut saya skincare lebih kompleks pilihannya. Face wash, Toner, Moisturizers, Day Cream, Night Cream, Serum,  Eye & Lip mask, Wash Mask adalah contoh jenis-jenis skincare. Dari Pembersih Wajah (Face Wash) tersebut juga muncul varian lainnya lagi seperti Bar Soap (sabun batang), Foaming (Foaming ini pun terbagi menjadi 2 yaitu Gel dan Cream), Non-Foaming, Medicated, Cleansing Oil, Cleansing Balm, dan juga Micellar. Nah dari Pembersih wajah saja sudah bercabang menjadi macam-macam skincare belum yang lain? ini mengapa saya katakan skincare itu lebih luas pilihannya. Hehe :) menurut saya loh ya..
     Namun, yang perlu diingat penggunaan skincare harus disesuaikan oleh kondisi kulit si pemakai, oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menggunakan suatu skincare tertentu kenali jenis wajah kamu apakah termasuk yang normal, kering, berminyak, sensitif atau yang kombinasi. Beberapa skincare pun ada yang penggunaannya dengan pengawasan dokter.

MAKEUP
     Berbeda dengan skincare yang gunanya merawat kulit wajah, make up lebih ke menyempurnakan bentuk wajah, dan menutup kekurangan yang ada. Semisal mata yang sipit dengan make up bisa nampak besar, hidung yang pesek bisa nampak mancung, dan lain sebagainya. Make up sendiri lebih menyamarkan kekurangan, menonjolkan kelebihan serta penyempurnaan dan koreksi dari bentuk wajah, meskipun dalam dunia per-make up-an tidak hanya wajah, tubuh pun juga bisa di rias. Jenis-jenis merias wajah pun beragam ada seperti tata rias korektif, fantasi, dan karakter. Kalian bisa mencari pengertiannya secara lengkap di google. Powder, Lipstick, Foundation, Mascara, Pensil Alis, Eyeliner adalah jenis-jenis dari make up. Dan di zaman sekarang pun, make up juga telah banyak berinovasi dengan munculnya banyak alat-alat make up yang baru seperti BB cream, CC cream, dan DD cream, counture, dan lain sebagainya. Pilihan dari masing-masing tersebut juga banyak sekali.

     Nah itu dia, ulasan masing-masing dari keduanya skincare dan make up. kalian lebih pilih yang mana? suka pakai skincare atau make up? Yang perlu diingat, bahwa kalau kondisi wajah kita lagi nggak normal (misal, kusam, jerawatan dan sebagainya..) tapi terlalu sering di make up malah akan memperburuk kondisi wajah kita, apalagi kalau kita membersihkannya nggak bersih pasti nanti akan timbul jerawat. 
     Kalau saya pribadi lebih suka dan milih skincare ya, lebih suka merawat meskipun hasilnya nggak instan tapi kalo kita rutin hasilnya bakal lebih lama dan jadi awet muda. Terlebih lagi saya males beli make up karena jarang banget make up-an buat apa juga palingan buat kondangan aja, itupun kondangan setaun paling banyak 5 kali jadinya sayang kalau beli make up banyak-banyak tapi nggak kepake karena expired. Saya orangnya jarang kemana-mana, di rumah aja kerja pun cuma dandan biasa, ada acara pun dandannya cuma biasa karena di lingkungan saya jarang yang make up-an apalagi make up-an lengkap kayak di tutorial gitu. Yang saya punya paling make up pada umumnya, kayak powder, pelembab, mascara, eyliner, dan lipstick.
     
     Selain itu, kalo dipikir-pikir saya lebih tergiur sama skincare apalagi kalo serum dan night cream apatah lagi kalo ada dembel-embelnya whitening uuch pasti rasanya pengen beli ajaaa!! Dan kalau diitung-itung lebih banyak skincare daripada makeup saya, jadinya saya punya lebih dari brand/varian dari satu item jenis skincare. 

Lebih rincinya akan saya hitung Skincare yg saya punya dan pakai saat ini : ^_^
1. Face Wash : 6 macam ( Garnier Facial Foam Greentea, Citra Spotless White Glow, Pond's Pure White (yg warnanya hitam itu loh) 2 jenis Face Soap VGS dari Malaysia)
2. Cleanser : 2 macam (Viva varian Bengkoang dan Pond's White Beauty)
3. Toner : 7 macam (Viva varian Cucumber, Lemon dan Green tea, Love Nature varian Aloe Vera by Oriflame, 2 jenis produk VGS dari Malaysia, & Laneige)
4. Serum : 2 Macam (Wardah Purifying Facial Serum, & VGS Serum Gold)
5. Day Cream : 3 macam (semuanya dari jenis produk VGS Malaysia)
6. Night Cream : VGS Gold Night Cream, Glycore, sama terkadang pakai Nature Republic Aloe Vera Gel. 
7. Lip Theraphy : 3 macam (Viva Lip Balm, Vaseline Lip Theraphy, & Lip Ice Sheer Colour)
8. Masker : 2 Macam (Milky Rice Scrub, Powder Gold, dan masker sachetan)
9. Body Lotion : 3 Macam (Nivea Ekstra White Firming Body Serum, Marina  UV White Healthy & Glow, & Marina Natural Nutri Fresh)  

Skincare yang belum dipakai
1. Laneige Fresh Calming
2. Laneige Good Night Kit
3. Hada Labo Starter Pack Sirojyun
4. Laneige Clear-C Peeling Serum
5. Toning White C
6. Etude House Zero Sebum Fresh Gel Cream
7. Etude House Moisfull Collagen Cream 
8. Etude House Soon Joong S-Panthensoside Cica Balm

Sedangkan Make Up yang saya punya hanya :
1. Powder : 2 macam ( Maybelline Clear Smooth All in One & Purbasari Oil Control Matte Powder)
2. Pelembab : 2 macam (La Tulipe, OriflameGel Cream varian Aloe Vera)
3. Eye Shadow : 1set mereknya juga gak terkenal, lupa!
4. Mascara : 2 macam (Maybelline Volume Express Turbo Boost & Revlon Volume Mascara With Fiber)
5. Eyeliner : 1 Macam (Lyra Black - semacam celak gitu deh)  
6. Eyebrow : 1 Macam (Implora)
7. Sunblock : 1 Macam (Parasol Gace Sunscreen Cream)
8. Lipstick (pokoknya untuk bibir selain lipbalm) : kalo nggak salah ada 10-an lebih lah (Wardah Intense Matte Lipstick, Purbasari Lipstick Colour Matte, Indefini Soft Matte Lip Color, Sophie Martin Valuptuous Lip Gloss, Za Lipstick, Monomola Long Lasting Lip Color, Just Miss, Kisproof 3pcs, Etude House Dear Darling Tint Pack, Delight Tony Tint Tonymoly,Delight Tony Tint Tonymoly mini seri ada lagi gak yaa....)

     Yess! Hanya itu saja jenis Makeup yang saya punya, saya bahkan nggak punya Foundation, BB/CC/DD Cream. Entah kenapa rasanya malas untuk memakai Foundation dan BB Cream kalau tidak berada di ruangan ber-AC, sebenernya juga ruang kerja saya di tempat ber-AC tapi malas rasanya untuk pakai Foundi dan lapisannya setiap hari. Berasa artis gituww kalau tiap hari pakai makeup tebal, berat rasanya :D hehehe. 
     Tapi itu semua kembali pada diri setiap wanita masing-masing ya, setiap wanita bebas untuk memilih mana yang pas untuk dirinya, mau skincare boleh makeup pun boleh, tapi yang perlu diingat kalau memang memilih makeup maka jangan lupa perawatannya ya ;) cantik dari hati pun juga nggak kalah penting ya.
     Jadinya saya lebih pilih Skincare ya daripada Make up, kalau kalian ? komen ya dibawah pilih apa dan alasannya apa ;)
Stay Beauty and Stay be your Self

2 komentar:

  1. wahh lipstiknya banyak banget kak, aku lagi ngincer yang 3 ini (ust Miss, Kisproof 3, Dear Darling)..

    BalasHapus
  2. dulu pas masih cukup, aku kira skin care ni sama aja dengan make up :D

    BalasHapus