Sabtu, 08 Februari 2014

SHALAT MALAM

oleh : Ean Lullaby
Shalat Malam atau Shalat Tahajjud adalah shalat yang dilaksanakan pada waktu malam hari dan sesudah tidur. Waktunya ialah sesudah shalat isya’ hingga menjelang shalat shubuh. Ketika seseorang tidur setelah shalat magrib kemudian bangun tengah malam dan ingin melaksanakan shalat Tahajjud sedang ia belum melaksanakan shalat isya’, maka ia harus shalat isya’ terlebih dahulu, baru mengerjakan shalat Tahajjud.
Islam sangat menganjurkan shalat ini, banyak hadits yang menjelaskan keutamaan shalat malam. Shalat malam menjadikan terkabulnya doa yang sedang diharapkan, karena waktu inilah waktu yang intim antara abdi dengan Rabbi (Allah Swt). Menjadikan doa cepat sampai kepada Allah karena tak banyak orang yang sedang berdoa, karena tengah malam (istilahnya gak perlu antri doa dan macet) selain itu karena berdoa setelah shalat malam akan juga di-aamiin-kan oleh malaikat.
Dari Jabir berkata Rasulullah Saw., bersabda, “Sesungguhnya pada waktu malam ada saat (waktu) dimana seorang hamba muslim yang dapat menepati waktu itu dikala ia minta kebagusan kepada Allah, baik urusan dunia akhirat, maka Allah Swt pasti memberinya yang demikian itu ada pada setiap malam.”
Berdasarkan Hadits Rasulullah Saw., shalat tahajjud memiliki kelebihan, yaitu lima kelebihan di dunia dan empat kelebihan di akhirat kelak. Hadits yang menjelaskan kelebihan shalat tahajjud adalah, “Barang siapa mengerjakan shalat tahajjud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata-tertib yang rapi, maka Allah akan memberikan sembilan macam kemuliaan; lima macam di dunia dan empat macam di akhirat.” 

Adapun lima kelebihan shalat tahajjud di dunia adalah (1) akan dipelihara oleh Allah Swt dari segala macam bencana (2) Tanda ketaatannya akan kelihatan di mukanya (3) Akan dicintai para hamba Allah yang sholeh dan dicintai oleh semua manusia (4) Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah (5) Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama. Adapun empat kelebihan di akhirat adalah (1) wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di hari pembalasan nanti (2) Akan mendapat keringanan ketika dihisab (3) Ketika menyeberangi titian Shirotol-Musttaqim, boleh melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar (4) Cacatan amalnya diberikan di tangan kanan.

Muhammad bin Qais berkata, “Telah sampai kabar kepadaku bahwa jika seorang hamba bangun malam untuk shalat Tahajjud, kebaikan akan turun dari lapisan-lapisan langit ke ujung kepalanya. Para malaikat turun kepadanya untuk mendengarkan bacaannya. Penghuni angkasa turut memperhatikannya. Setelah shalat dan duduk untuk berdoa, para malaikat mengelilinginya untuk mengaminkan doanya. Jika ia berbaring setelah itu, ada seruan ‘Tidurlah dengan bahagia, dengan mata yang sejuk. Tidurlah sebagai sebaik-baik orang yang tidur di atas amalan kebaikan.”
Ibn Al-Hajjal dalam Al-Madlohal berkata, “Terdapat banyak manfaat dari shalat malam. Diantaranya adalah menggugurkan dosa seperti angin yang menggugurkan daun-daun kering di pepohonan. Shalat malam juga dapat menerangi hati, mencerahkan wajah, menghilangkan kemalasan dan membugarkan tubuh. Orang yang mendirikan shalat malam menjadi tumpuan pandangan para malaikat dari langit yang terus mengawasi, seperti bintang-bintang yang memancarkan cahaya kepada penghuni bumi. Selain itu juga mendapat keberkahan, cahaya dan persembahan berharga yang tak terbayangkan.”

Jika seseorang tidak dapat melakukan shalat malam, hendaklah dia berusaha untuk melakukan beberapa hal berikut:
1.      Shalat isya’ dan shubuh berjamaah
2.      Berperilaku dengan akhlak terpuji
3.      Memperbanyak ibadah sunnah di siang hari
4.      Shalat fardhu secara tepat waktu
5.      Berusaha meninggalkan maksiat


TIPS! Adapun beberapa kiat praktis agar mudah bangun malam: 

1.      Menghindari kemaksiatan
2.      Menghindari kemewahan tempat tidur
3.      Menghindari pandangan (yang haram)
4.      Memakan makanan halal dan mengindari makanan haram
5.      Tidak terlalu banyak makan
6.      Tidak terlalu bekerja berat pada siang hari
7.      Berdoa sebelum tidur agar terbebas dari gangguan setan:
~ mengingat Allah ketika masuk rumah dan memberi salam kepada penghuninya
~ membaca ayat kursi dan doa-doa kesulitan tidur, dll.
8.      Banyak berdzikir kepada Allah
9.      Tidak tidur terlalu malam
10.  Membiasakan tidur siang sebentar (30-60 menit)

Adab-adab Bangun Malam 

1.      Berwudhu sebelum tidur dan berniat hendak bangun malam
2.      Berdzikir kepada Allah ketika bangun tidur
3.      Menyikat gigi setelah bangun tidur
Jabir r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw., bersabda, “jika seseorang bangun tidur untuk shalat malam, hendaklah dia menyikat gigi. Sebab jika seseorang Al-Qur’an dalam shalatnya, malaikat menempelkan mulutnya ke mulut orang ini (tersebut), dan apapun yang keluar dari mulut malaikat itu akan masuk ke dalam mulutnya.” (Al- Albani, Shahih Al-Jamil no.733)
4.      Membaca Al-Qur’an dengan suara sedang dan memulai shalat malam dengan shalat dua rakaat yang pendek.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar